DASAR
SISTEM KOMPUTER
2.1
Dari Bit ke Informasi
Sejak diciptakan pertama kali, komputer bekerja
atas dasar sistem biner. Sistem biner adalah sistem bilangan yang hanya
mengenal dua macam angka yang disebut dengan istilah bit (binary digit), berupa 0 dan 1.
Hanya dengan dua kemungkinan bilangan inilah komputer dapat menyajikan
informasi yang begitu berguna bagi peradaban manusia.
Bit-bit dapat digunakan untuk menyusun karakter
apa saja. Istilah karakter dalam dunia komputer berarti :
·
huruf,
misalnya A dan z
·
digit,
seperti 0, 2, dan 9,
·
selain huruf maupun digit, seperti tanda
+ serta & dan bahkan simbol seperti b.
Sebuah karakter dinyatakan dengan 8 bit ataupun
16 bit. Kemungkinan nilai pada sebuah sistem biner yang berupa 0 atau 1
dinyatakan dalam sistem komputer
dengan metode saklar yang hanya mengenal keadaan hidup dan mati. Keadaan hidup
(on) menyatakan nilai 1, dan keadaan mati (off) menyatakan nilai 0. Sebagai
contoh dengan menggunakan 8 buah saklar (=8 bit) maka akan didapatkan 256 kemungkinan nilai.
2.2 Satuan Data
Satuan
|
Ekivalen
|
Keterangan
|
Byte
|
8 bit
|
Untuk menyimpan sebuah karakter pada system
ASCII/EBCDIC
|
Kilobyte
|
1024 Byte
|
Awal PC hanya memiliki memori sebesar 640
kilobyte
|
Megabyte
|
1024 KiloByte
|
Memory PC pada saat ini berkisar antara
64-256 Megabyte
|
Gigabyte
|
1024 GigaByte
|
Ukuran hardisk yang digunakan berkisar antara
20-40 Gigabyte
|
Terabyte
|
1024 Gigabyte
|
Database yang sangat besar
|
Petabyte
|
1024 TeraByte
|
Penggunaan di masa mendatang
|
2.2.1 Byte
Sebuah Byte adalah sama dengan 8 Bits. Sebuah
Byte bisa mewakili 256 negara bagian informasi, misalnya, angka atau kombinasi
angka dan huruf. 1 Byte bisa sama dengan satu karakter. 10 Bytes bisa jadi
setara dengan sebuah kata. 100 Bytes akan sama dengan kalimat rata-rata.
2.2.2 Kilobyte
Sebuah Kilobyte adalah sekitar 1.000 Bytes,
sebenarnya 1.024 Byte tergantung pada definisi yang digunakan. 1 Kilobyte akan
sama dengan ayat ini Anda membaca, sedangkan 100 Kilobyte akan sama dengan
seluruh halaman.
2.2.3 Megabyte
Sebuah Megabyte adalah sekitar 1.000 Kilobyte.
Pada hari-hari awal komputasi, sebuah Megabyte dianggap sejumlah besar data.
Hari ini dengan hard drive 500 Gigabyte pada komputer yang umum, sebuah
Megabyte tidak tampak seperti banyak lagi. Salah satu 3-1/2 inch floppy disk tua
dapat menahan 1,44 Megabyte atau setara dengan sebuah buku kecil. 100 Megabyte
mungkin terus beberapa jilid dari Ensiklopedia. 600 Megabyte adalah tentang
jumlah data yang akan muat di disk CD-ROM.
2.2.4 Gigabyte
Sebuah Gigabyte adalah sekitar 1.000 Megabyte.
Sebuah Gigabyte masih merupakan istilah yang sangat umum digunakan hari ini
ketika mengacu pada ruang disk atau penyimpanan drive. 1 Gigabyte data hampir
dua kali lipat jumlah data yang CD-ROM bisa terus. Tapi itu sekitar seribu kali
kapasitas floppy disk 3-1/2. 1 Gigabyte bisa menampung isi dari sekitar 10
meter dari buku-buku di rak. 100 Gigabytes bisa terus lantai perpustakaan
seluruh jurnal akademik.
2.2.5 Terabyte
Sebuah Terabyte adalah sekitar satu triliun
byte, atau 1.000 Gigabytes. Ada waktu itu saya tidak pernah berpikir saya akan
melihat 1 Terabyte hard drive, sekarang satu dan dua drive terabyte adalah
spesifikasi normal untuk komputer baru. Untuk meletakkannya dalam perspektif
tertentu, sebuah Terabyte bisa menampung sekitar 3,6 juta 300 gambar Kilobyte
atau mungkin sekitar 300 jam video berkualitas baik. Sebuah Terabyte bisa
menampung 1.000 salinan Encyclopedia Britannica. Sepuluh terabyte bisa terus
dicetak koleksi Perpustakaan Kongres. Itu banyak data.
2.2.6 Petabyte
Sebuah petabyte adalah sekitar 1.000 terabyte
atau satu juta Gigabytes. Sulit untuk membayangkan apa yang petabyte bisa
terus. 1 petabyte bisa memiliki kurang lebih 20 juta lemari arsip 4-pintu penuh
teks. Hal ini bisa memegang 500 miliar halaman teks cetak standar. Ini akan
memakan waktu sekitar 500 juta disket untuk menyimpan jumlah data yang sama.
2.3
Satuan Waktu
Bagi manusia 1 detik merupakan waktu yang
sangat cepat, tetapi tidak bagi komputer. Kecepatan komputer dalam memproses
sebuah data sangatlah tinggi. Orde waktu yang digunakan untuk mengerjakan
sebuah instruksi jauh di bawah 1 detik. Itulah sebabnya terdapat beberapa
satuan waktu yang perlu diketahui, sebagaimana terlihat pada tabel berikut ini.
Satuan
|
Ekivalen
|
Milidetik
|
1/1.000
detik
|
Microdetik
|
1/1.000.000
detik
|
Nanodetik
|
1/1.000.000.000
detik
|
Picodetik
|
1/1.000.000.000.000
detik
|
Satuan lain yang banyak disinggung dalam sistem komputer
adalah satuan frekuensi. Frekuensi diukur dengan satuan hertz. Frekuensi
berarti jumlah siklus dalam 1 detik. 1 Hertz berarti dalam satu detik terbentuk
sebuah siklus. Ukuran frekuensi yang lebih besar adalah kilohertz, megahertz,
dan gigahertz. 1 kilohertz (KHz) = 1000 Hertz (Hz), 1 megahertz (MHz) = 1000
kilohertz, dan 1 gigahertz (GHz) = 1000 megahertz.
2.4 Sistem Pengkodean Karakter
Sitem yang digunakan untung mengkodekan karakter
ada bermacam-macam. Tiga yang terkenal adalah ASCII, EBCDIC, dan Unicode.
A. System ASCII
ASCII (American Standart Code for Information
Interchange), menggunakan 7-bit guna menyajikan beberapa data. Sistem ini
digunakan oleh beberapa pabrik komputer secara bersama-sama sehingga
menghasilkan suatu standart yang baku untuk semua jenis komputer. Walaupun
ASCII menggunakan kode 7-bit , tetapi dalam pelaksanaannya tetaplah 8-bit yang
digunakan. Sebab masih menggunakan extra bit yang digunakan untuk
mendeteksiberbagai kesalahan yang timbul.
B.System EBCDIC
EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal
Interchange Code) menggunakan 8-bit guna menyajikan data yang ada.Dengan adanya
8-bit ini, tentu saja jumlah data yang disajikan menjadi lebih besar, yaitu
sebanyak 28 atau 256 kombinasi.4 karakter yang berada disebelah
kiri disebut sebagai zone-bits, dan 4 karakter sisanya disebut sebagai numerik
bits.Kode-kode ini banyak digunakan oleh komputer IBM ataupun peralatan yang
menggunakan standart IBM.
C.Unicode
Unicode adalah sebuah karakter yang dinyatakan
dengan 16 bit.Alhasil, standar ini dapat mencakup 65.536 krakter. Dengan cara
seperti ini berbagai simbol dalam bahasa seperti arab dan china bisa ditampung.
Sistem bilangan biner adalah sebuah sistem
penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 dan 1.Sistem bilangan ini
merupakan dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital.Pengelompokan biner
dalam komputer selalu berjumlah 8, dengan istilah 1 Byte. Dalam istilah
komputer, 1 Byte = 8 bit. Kode-kode pemrograman /rancang bangun komputer,
seperti ASCIImenggunakan sistem pengkodean 1 Byte.
Sistem bilangan biner adalah sebuah sistem
penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 dan 1.Sistem bilangan ini
merupakan dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital.Pengelompokan biner
dalam komputer selalu berjumlah 8, dengan istilah 1 Byte. Dalam istilah
komputer, 1 Byte = 8 bit. Kode-kode pemrograman /rancang bangun komputer,
seperti ASCIImenggunakan sistem pengkodean 1 Byte.
Konversi desimal ke biner,
misalnya 98 desimal akan diubah ke biner:
98/2 = 49, sisa 0 (akhir)
49/2 = 24, sisa 1
24/2 = 16, sisa 0
12/2 = 6, sisa 0
6/2 =3, sisa 0
3/2 =1, sisa 1
1/2=0, sisa 1 (awal)
sisa dituliskan dari bawah menjadi:
9810 = 110001
Contoh lainnya yaitu 98,375 desimal akan diubah
menjadi biner :
98/2 = 49, sisa 0
49/2 = 24, sisa 1
24/2 = 16, sisa 0
12/2 = 6, sisa 0
6/2 =3, sisa 0
3/2 =1, sisa 1
1/2=0, sisa 1
0,375 x 2=0,75, angka disebelah kiri
koma adalah 0
0,75 x 2=1,5, angka disebelah kiri koma
adalah 1
0,5 x 2=1,0 angka disebelah kiri koma
adalah 1
jadi 98,37510=1100010,0112
2.6
Bagian Unit Sistem
Unit komputer (system unit) adalah suatu rangka yang di dalamnya terdapat
komponen-komponen elektronik dari komputer yang digunakan untuk memproses
data. Sebuah komputer terdiri atas perangkat-perangkat yang digunakan untuk
menerima masukan (input), melakukan proses, mengeluarkan hasil (output),
menyimpan dan berkomunikasi. Kebanyakan komponen ini adalah bagian dari
komputer. Pada komputer dekstop atau komputer pribadi (personal
computer-PC), komponen-komponen elektronik dan kebanyakan media penyimpanan
adalah bagian dari komputer. Perangkat lain seperti keyboard, mouse, mikrofon,
monitor, printer, pemindai (scanner), kamera video, dan pengeras suara
(speaker), umumnya menempati ruang di luar unit komputer.
2.6.1 Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit utama dari suatu
komputer. Banyak komponen elektroonik yang terhubung ke motherboard, yang
lainnya dibuat menjadi bagian dari motherboard. Processor atau disebut juga
dengan Central Processing Unit (CPU), menginterpretasikan dan melaksanakan
perintah-perintah dasar untuk mengoperasikan komputer.
2.6.2 Catudaya (Power Supply)
Power supply atau catu daya adalah
sebuah peralatan penyedia tegangan atau sumber daya untuk peralatan elektronika
dengan prinsip mengubah tegangan listrik yang tersedia dari jaringan distribusi
transmisi listrik ke level yang diinginkan sehingga berimplikasi pada
pengubahan daya listrik.
Dalam sistem pengubahan daya,
terdapat empat jenis proses yang telah dikenal yaitu sistem pengubahan daya AC
ke DC, DC ke DC, DC ke AC, dan AC ke AC. Masing masing sistem pengubahan
memiliki keunikan aplikasi tersendiri, tetapi ada dua yang implementasinya
kemudian berkembang pesat dan luas yaitu sistem pengubahan AC ke DC (DC power supply) dan DC ke DC (DC-DC converter).
2.6.3 Sistem Pendingin (Heatsink)
Pendinginan komputer atau pendinginan CPU adalah tindakan mengurangi atau
menghilangkan panas dari sebuah komputer. Panas pada komputer berpotensi merusak atau memperlambat
kerja sebuah komputer. Terdapat beberapa cara untuk mengurangi panas pada
sebuah komputer, diantaranya :
- heatsink. Heatsink adalah logam dengan design khusus yang terbuat dari alumuniun atau tembaga (bisa merupakan kombinasi kedua material tersebut) yang berfungsi untuk memperluas transfer panas dari sebuah prosesor. Perpindahan panas terjadi menggunakan aliran udara di dalam casing. jadi metode pendinginan ini tidak cukup efektif, karena sangat bergantung kepada aliran udara di dalam casing. jika aliran udaranya teranggu, maka bisa dipastikan prosesor akan kepanansan
- heatsink fan (HSF). Cara kerja dari HSF mirip seperti pada pendinginan menggunakan heatsink, tetapi pada HSF ditambahkan sebuah kipas untuk mempercepat proses transfer panas. HSF bekerja lebih baik daripada Heatsink. pada masa kini HSF menggunakan teknologi heatpipe yaitu pipa tembaga kecil untuk transfer panas dengan menggunakan konsep kapilaritas.
- water cooling. Teknik pendinginan CPU menggunakan water cooling adalah dengan menggunakan cairan pendingin (biasanya berupa air)yang dialirkan menggunakan peralatan khusus untuk water cooling. peralatannya biasanya terdiri dari water block yang dipasangkan ke pengait prosesor dimotherboard, pompa air, dan radiator, biasanya metode ini digunakan untuk meng overclock cpu.
2.6.4 Bus
komputer memproses dan menyimpan data sebagai
deretan bit elektronik. Bit-bit ini bergerak secara internal dalam sirkuit
komputer melalui saluran listrik. Setiap saluran disebut bus. Saluran ini
memungkinkan berbagai variasi perangkat, baik yang di dalam maupun yang
menempel pada komputer untuk dapat saling berkomunikasi. Bus-bus mengirim
bit-bit dari perangkat masukan ke memori, dari memori ke processor, dari
processor ke memori, dari memori ke perangkat keluaran atau media penyimpanan.
2.6.6 Port
Port adalah suatu celah atau pintu pada lubang
komputer sebagai jalur data. Berikut ini adalah port-port yang terdapat di
chasing bagian belakang CPU :
·
Port
Paralel
·
Port Serial
·
Port AT/PS2
·
Port USB
·
Port
Ethernet RJ45
·
Port VGA
·
Port Audio
·
Port Power
Connector
·
Port LAN
2.7
Processor
Processor adalah nama singkat dari
microprocessor dan seringkali disebut CPU (Central Processing Unit) yang
sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah
hitungan kecepatan processor dalam mengolah data dan informasi.
Komponen
ini berupa sebuah cip. Cip (chip atau IC/Integrated Circuit) adalah sekeping
silikon berukuran beberapa millimeter persegi yang mengandung puluhan ribu
transistor dan komponen elektronik yang lain.
Processor terletak pada socket yang telah
disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain
asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat
bersar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan
kapasitas processor.
Processor hanya dapat mengenali
bahasa mesin yaitu dengan notasi bilangan biner yang hanya berupa 2 angka saja
yaitu 0 dan 1 (0101 0101). Bilangan biner merupakan notasi untuk perangkat
elektronik dimana bilangan nol (0) menandakan tidak terdapat sinyal listrik dan
bilangan satu (1) menandakan adanya sinyal listrik.
2.7.1
Processor Sebagai Salah Satu Komponen Terpenting
Processor
merupakan salah satu komponen terpenting dalam sistem komputer. Processor
acapkali disebut sebagai otak komputer, meskipun penyebutan seperti itu tidak
tepat sepenuhnya. Processor hanya bertindak sebagai mesin pemroses tetapi tidak
berfungsi sebagai pengingat seperti halnya otak. Fungsi pengingat ditangani
oleh komponen tersendiri yang dinamakan memori.
Processor merupakan pusat pengendali
komputer yang didukung oleh komponen lainnya. Processor adalah IC (Integrated Circuit) yang mengontrol
keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat
pengoperasian/pemroses sistem komputer. Processor memegang peran yang sangat
penting dalam sistem komputer dalam berbagai aspek sebagaimana dapat dilihat
berikut.
·
Kinerja
:
Tipe prosesor yang digunakan akan mempengaruhi kinerja sistem komputer.
Kemampuan sebuah prosesor menentukan kinerja maksimum yang dapat dicapai oleh
sistem komputer.
·
Dukungan
perangkat lunak : Prosesor yang lebih cepat memungkinkan
pemakaian perangkat lunak terbaru ataupun fitur terbaru. Sebagai contoh,
prosesor Pentium dengan teknologi MMX memungkinkan pemakaian perangkat lunak
khusus yang tak didukung oleh jenis prosesor generasi sebelumnya.
·
Keandalan
dan stabilitas : Salah satu pendukung keandalan dan stabilitas
sistem komputer adalah kualitas prosesor. Sebagai contoh salah satu jenis
prosesor Pentium mengalami kesalahan dalam proses aritmatika karena kesalahan
desain. Begitu juga terdapat sebuah prosesor tertentu yang sering menyebabkan
komputer macet dan bahkan prosesor terbakar.
·
Pendingin
dan konsumsi energi : Awalnya prosesor hanya mengkonsumsi
daya listrik yang relatif kecil daripada komponen-komponen yang lain. Namun
pada perkembangan selanjutnya, prosesor justru menghabiskan daya listrik yang
lebih besar daripada generasi sebelumnya. Tentu saja keadaan ini menyebabkan
prosesor cepat panas dan karena itu diperlukan sistem pendinginan yang lebih
baik.
·
Dukungan
motherboard :
Adanya berbagai prosesor yang beredar menimbulkan kebutuhan motherboard yang sesuai.
Sementara ini, motherboard sendiri menentukan kemampuan dan kinerja sistem.
2.7.2
Sejarah Singkat Mikroprosessor
Microprosesor yang
pertama kali diciptakan yaitu Intel 4004, yang diperkenalkan pada tahun 1991.
Prosesor ini sangat sederhana, hanya bisa melakukan operasi sebesar 4 bit per
waktu. Aplikasi prosesor ini adalah untuk menyusun kalkulator elektronik
portabel.
Mikroprosesor
yang pertama kali digunakan untuk komputer rumah adalah Intel 8008, yang
diperkenalkan pertama kali pada tahun 1974. Prosesor ini berukuran 8 bit.
Digunakan pertama kali pada kit Altair. Kit buatan MITS yang diperkenalkan pada
tahun 1975 inilah yang dianggap sebagai cikal bakal komputer personal yang
pertama. Namun yang dinamakan PC seperti yang sekarang diperkenalkan pertama
kali oleh IBM pada tahun 1982, yang disebut IBM PC. Komputer ini menggunakan
prosesor Intel 8008 yang sebenarnya telah diperkenalkan tahun 1979.
Mikroprosesor
yang digunakan pada PC dari waktu ke waktu juga berubah. Secara kronologis,
prosesor-prosesor yang digunakan sampai pada akhir tahun 2002 adalah 8008,
80286, 80386, 80486, Pentium, Pentium II, Pentium III, dan Pentium 4. Sebagai
bahan perbandingan, prosesor Pentium 4 mempunyai kecepatan 5000 kali lebih
cepat daripada prosesor 8008.
Nama
|
Tahun
|
Transistor (Ribu)
|
Kecepatan Clock
|
Lebar Data (Bit)
|
Lebar Bus Data (Bit)
|
Lebar Bus Alamat (Bit)
|
MIPS
|
8080
|
1974
|
6
|
2 MHz
|
8
|
8
|
20
|
0,64
|
8088
|
1979
|
29
|
5 MHz
|
16
|
8
|
20
|
0,33
|
80286
|
1982
|
134
|
5 MHz
|
16
|
16
|
24
|
1
|
80386
|
1985
|
275
|
16 MHz
|
32
|
32
|
32
|
5
|
80486
|
1989
|
1200
|
25 MHz
|
32
|
32
|
32
|
20
|
Pentium
|
1993
|
3100
|
60 MHz
|
32
|
64
|
32
|
100
|
Pentium II
|
1997
|
7500
|
233 MHz
|
32
|
64
|
36
|
-300
|
Pentium III
|
1999
|
9500
|
450 MHz
|
32
|
64
|
36
|
-510
|
Pentium 4
|
2000
|
42000
|
1,5 GHz
|
32
|
64
|
36
|
-1700
|
Beberapa hal yang perlu diketahui tentang data pada tabel tersebut:
·
Tahun menyatakan tahun saat prosesor
dirilis yang pertama kali. Perlu diketahui, umumnya prosesor dengan nama yang
sama dikembangkan beberapa kali. Sebagai contoh, kecepatan Pentium 4 ketika
pertama kali dipublikasikan adalah 1,5 GHz, tetapi pada akhir tahun 2002 telah
mencapai di atas 2 GHz.
·
Transistor menyatakan jumlah transistor
yang terkandung dalam sebuah cip.
·
Kecepatan clock menyatakan jumlah pulsa
yang dapat dibangkitkan oleh clock yang memicu prosesor.
·
Lebar data menyatakan lebar dari ALU (bagian
dalam prosesor yang menangani pemrosesan aritmatik dan logika).
·
MPS (Millions
of Instructions Per Second) menyatakan jumlah jutaan instruksi per detik
yang dapat ditangani oleh prosesor.
2.7.3
Aneka Prosesor
Perusahaan
yang membuat mikroprosesor tentu tidak hanya Intel. Perusahaan seperti
Motorola, Fujitsu dan IBM juga memproduksi mikroprosesor. Namun, di lingkungan
PC, Intel memang yang mendominasi. Beberapa contoh mikroprosesor dari berbagai
vendor pada tabel.
Prosesor
|
Keterangan
|
R4x000
|
Mikroprosesor 64 bit ini memiliki bus
dengan alamat 36 bit. Digunakan untuk workstation.
Pembuatnya adalah MIPS Technology.
|
Alpha AXP
|
Mikroprosesor 64 bit bisa digunakan
untuk Windows NT, OSF/1, dan OpenVMS. Pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation.
|
PowerPC
|
Merupakan produk dari beberapa
perusahaan (IBM, Motorola, dan Apple Computer). Digunakan antara lain
pada server dan workstation IBM
RS/6000.
|
SPARC
|
Seperti halnya PowerPC, SPARC dibuat
oleh beberapa perusahaan. Misalnya HyperSPARC
(Ross Technology), SPARClite (Fujitsu), UltraSPARC (Sun Microsystems). Digunakan untuk
server, workstation, laptop, dan berbagai peralatan lain.
|
Duron
|
Digunakan pada PC. Dibuat oleh AMD.
|
Athlon
|
Digunakan pada PC. Dibuat oleh AMD.
|
Celeron
|
Digunakan pada PC. Dibuat oleh Intel.
|
Tabel
2.7.3.1 Daftar Beberapa Prosesor
Prosesor
|
Transistor
|
Kecepatan CPU
|
Kecepatan FSB
|
Celeron
|
7.500.000
|
500 MHz – 800 MHz
|
66 MHz
|
Pentium II
|
7.500.000
|
233 MHz – 450 MHz
|
100 MHz
|
Pentium III
|
9.500.000
|
450 MHz – 1 GHz
|
133 MHz
|
Athlon (K7)
|
22.000.000
|
850 MHz – 1,2 GHz
|
200 MHz dan 266 MHz
|
Athlon XP
|
37.500.000
|
1,67 GHz
|
266 MHz
|
PowerPC G3
|
6.500.000
|
233 MHz – 333 MHz
|
100 MHz
|
PowerPCG4
|
10.500.000
|
400 MHz – 800 MHz
|
100 MHz
|
Tabel
2.7.3.2 Karakteristik Berbagai Prosesor
2.7.4
Kecepatan Prosesor
Beberapa
istilah berikut sering dijumpai :
·
Intel Celeron 500 MHz
·
Intel Pentium 4 1,76 GHz
·
AMD Athon 1 GHz
Angka
dan satuan yang terletak setelah nama prosesor menyatakan kecepatan prosesor
atau lebih tepatnya adalah jumlah pulsa yang dapat dihasilkan oleh clock pada
prosesor per detik. MHz menyatakan satan dalam jutaan pulsa per detik,
sedangkan GHz menyatakan satuan dalam triliyunan pulsa per detik.
Selain
menggunakan satuan seperti MHz dan GHz, kecepatan prosesor juga ditentukan
melalui MIPS (Millions of Instructions Per Second atau menyatakan jumlah jutaan
instruksi per detik yang dapat ditangani oleh prosesor) dan flops (floating
point operations per second atau jumlah bilangan real per detik). MIPS biasa
digunakan pada workstation, minicomputer, mainframe, sedangkan flops biasa
dipakai pada supercomputer.
Satuan
yang lebih besar daripada flops yaitu megaflops, gigaflops, teraflops, dan
petaflops. Tabel 2.7.4.1 menunjukan hubungan satuan-satuan tersebut.
Satuan
|
Keterangan
|
Megaflops
(mflops)
|
Identik
dengan 1.000.000 flops
|
Gigaflops
(gflops)
|
Identic
dengan 1.000.000 megaflops
|
Teraflops
(tflops)
|
Identic
dengan 1.000.000 gigaflops
|
Petaflops
(pflops)
|
Identic
dengan 1.000.000 teraflops
|
Tabel
2.7.4.1 Satuan Flops
2.7.5
Cara Kerja Prosesor
CPU
terdiri atas dua bagian utama yang dinamakan unit control dan ALU (Arithmetic
and Logic Unit).
·
Unit control berfungsi untuk
mengendalikan seluruh komponen dalam siste computer, seperti layaknya otak
manusia yang mengontrol seluruh saraf dalam tubuh sehingga seluruh anggota
tubuh dapat digerakkan atau dikendalikan. Pengendalian yang dilaksanakan oleh
unit ini didasarkan pada instruksi-instruksi yang terdapat pada program
komputer. Setiap instruksi diterjemahkan ke dalam bentuk tindakan yang sesuai
dengan maksud instruksi bersangkutan.
·
Unit aritmatika dan logika berperan
dalam melaksanakan operaso-operasi perhitungan (aritmatika) seperti
pengurangan, penjumlahan, dan pengalian maupun operasi pembandingan (logika)
seperti membandingkan suatu nilai bernilai nol atau tidak.
Selain kedua komponen tersebut, CPU
memiliki sejumlah register. Register adalah memori dalam CPU yang mempunyai
kecepatan sangat tinggi, yang digunakan untuk berbagai operasi dalam CPU. Tipe
register bermacam-maca, antara lain yaitu register instruksi, register alamat,
dan register akumulator.
Gambar 2.7.5.1 CPU dan Memori
Untuk melakukan suatu operasi terhadap
data yang berada dalam memori utama, data mula-mula disalin dari memori ke
register-register dalam CPU. Unit control yang menangani hal ini. Pengertian
data dalam konteks ini bias berarti perintah atau data. Selanjutnya data
diterjemahkan dan diproses. Jika terdapat operasi aritmatika atau logika, ALI
segera mengambil alih peran tersebut. Hasil sementara pemrosesan akan ditaruh
pada akumulator dan setelah itu baru dikirimkan ke memori utama. Mekanisme
seperti itu dapat dituangkan dalam bentuk algoritma (urutan proses) seperti
berikut :
1. MUAT
nilai dari memori ke sebuah register.
2. MUAT
nilai dari memori lain ke register yang lain.
3. JUMLAHKAN
kedua nilai dan hasilnya berada akumulator.
4. SIMPAN
isi akumulator ke dalam suatu memori.
5. Selesai.
2.7.6 CPU Superskalar
CPU yang dapat memproses paling banyak
satu instruksi dalam sebuah siklus (pulsa dari clock) biasa disebut CPU skalar
atau tradisional. Termasuk dalam golongan ini yaitu keluarga Intel x86
(misalnya 80486) yang digunakan pada IBM PC dan kompatibelnya dan keluarga
Motorola 68000 yang digunakan pada komputer Apple. Adapun CPU yang dapat
menjalankan lebih dari satu instruksi per siklus dinamakan CPU superskalar.
Termasuk dalam kategori ini yaitu prosesor Pentium (Intel), PowerPC
(INM-Motorola-Apple), K5 (AMD), dan generasi berikutnya, MI (Cyrix), dan Nx586
(NexGen).
CPU
superskalar dapat menjalankan lebih dari
satu instruksi per siklus disebabkan adanya lebih dari sebuah ALU, sebagaimana
diperlihatkan pada gambar 2.19. Pada keadaan seperti ini, unit control akan
mengevaluasi dua buah instruksi secara berpasangan. Jika kedua perintah dapat
dieksekusi secara serentak maka masing-masing akan dikirim ke ALU yang berbeda.
Jika tidak, masing-masing perintah akan diproses dalam siklus yang berbeda.
2.7.7 Multiprosesor
Pada
beberapa system computer, jumlah prosesor yang didukung bias lebih dari satu.
Pada saat ini sebuah PC pun bias mengandung 2 sampai dengan 4 prosesor,
sedangkan workstation dapat memiliki
hingga 20 prosesor. Bahkan, supercomputer IBM yang digunakan pada Departemen
Energi Amerika Serikat memiliki 8192 prosesor yang bekerja secara tandem dan
dapat menjalankan 10 triliyun perhitungan per detik (Turban, McLeanm dan
Wetherbe, 1999). Sistem multiprosesor dibedakan menjadi SMP, prosesor vektor,
prosesor parallel, dan MMP.
·
SMP (Symmetric Multiprocessor) merupakan
system multiprosesor dengan masing-masing prosesor bekerja secara
sendiri-sendiri (tidak saling bergantung). Pada system ini, sebuah CPU bisa
jadi sedang menangani suatu proses misalnya sedang mengolah lembar kerja dan
CPU yang lain sedang melakukan proses grafis.
·
Prosesor vektor menyatakan suatu system
multiprosesor dengan masing-masing prosesor dapat bekerja secara serentak dalam
menangani proses perhitungan vektor.
·
Prosesor parallel menyatakan system yang
memiliki sejumlah prosesor dan memiliki karakteristik sebagai berikut.
1. Tak
ada yang bertindak sebagai prosesor utama.
2. Sejumlah
prosesor tidak selalu mengerjakan operasi yang sama dalam waktu yang sama.
Dengan
menggunakan prosesor parallel, bagian-bagian dari sebuah program dapat
dikerjakan oleh prosesor-prosesor yang berbeda. Penanganan aktivitas prosesor
yang melakukan proses ditangani oleh program. Prosesor jenis ini digunakan pada
supercomputer.
·
Prosesor parallel masif (Massively
Parallel Processor atau MPP) adalah system yang mengandung ratusan atau bahkan
ribuan prosesor yang dapat saling berinteraksi dengan pendekatan jaringan
saraf. Prosesor seperti ini sudah diterapkan dalam bisnis. Salah satu
penggunanya adalah Wal-Mart (Laudon dan Laudon, 1998).
2.7.8 Sistem
Fault-Tolerant
Selain
system yang menggunakan multiprosesor, terdapat pula system yang memiliki
toleransi terhadap kegagalan dan dinamakan fault-tolerant
system. System teknologi informasi seperti ini memiliki cadangan dalam hal
perangkat keras (yang umumnya berupa CPU, memori utama, dan peranti penyimpan
eksternal), perangkat lunak, dan komponen catu daya yang bekerja untuk
mengantisipasi kegagalan system utama. System seperti ini banyak diterapkan
dalam perbankan di Indonesia.
2.7.9 Teknologi MMX
Prosesor seperti
Pentium menyertakan fitur yang disebut MMX (Multimedia eXtension). Teknologi
ini menyediakan kemampuan untuk memapatkan dan menguraikan kembali video,
memanipulasi citra, melaksanakan enkripsi, dan bahkan memproses
masukan/keluaran.
2.8
Memori Internal
Memori internal merupakan memori yang terdapat di
dalam CPU dan terpasang di soket yang sudah disediakan di motherboard. Memori
memiliki peranan penting terhadap komponen-komponen yang terdapat di CPU,
karena berperan sebagai penyimpan data pada proses interface antara Hardware,
Software dan Brainware.
2.8.1 ROM
Jenis memori ini datanya hanya bisa dibaca dan
tidak bisa ditulis secara berulang-ulang. Memori ini berjenis non-volatile,
artinya data yang disimpan tidak mudah menguap (hilang) walaupun catu dayanya
dimatikan. Karena itu memori ini biasa digunakan untuk menyimpan program utama
dari suatu system. Jenis ini tidak dapat deprogram ulang.
2.8.2 RAM
Random Access Memory disingkat dengan RAM. Memory
penyimpanan sementara yang bersifat acak biasanya disebut juga dengan memory
kerja. Pada memory ini karena disimpan sementara (volatile), maka apabila
komputer tidak mendapatkan daya (off), maka data yang disimpan pada memoru ini
akan hilang.
2.8.3 Cache Memory
Cache memory adalah memori
berukuran kecil berkecepatan tinggi yang berfungsi untuk menyimpan sementara
instruksi dan/atau data (informasi) yang diperlukan prosesor. Boleh dikatakan
bahwa cache memory ini adalah memory internal processor.
2.9
Perkembangan Komputer di Masa Mendatang
Komputer di masa
mendatang bisa jadi berbeda dengan komputer masa kini. Hal ini disebabkan
adanya pengembangan prosesor ke ebrbagai arah. Tabel berikut memperlihatkan
beberapa kemungkinan tentang hal tersebut (William dan Sawyer, 2003 dan Turban,
dkk., 1999)
Jenis
|
Keterangan
|
Cip DSP
|
Cip
DSP (Digital Signal Processing) merupakan jenis cip yang ditujukan secara
khusus untuk menangani pemrosesan suara dan video dengan kemampuan
pemanipulasian yang sangat cepat. Di masa mendatang cip seperti ini bisa jadi
digunakan dalam komputer, misalnya untuk membantu system pendengaran manusia.
|
Nanoteknologi
|
Melalui
teknologi ini, atom atau molekul yang berukuran dalam orde nanometer (10-9
meter) dijadikan sebagai dasar untuk menciptakan mesin berukuran sangat kecil
yang digunakan untuk menyimpan data atau melakukan tugas-tugas tertentu.
Sebagai contoh, komputer molekuler menggunakan sebuah molekul untuk
menggantikan transistor silicon, sedangkan komputer titik (dot computer)
menggunakan sebuah electron untuk menggantikan transistor.
|
Komputasi Optik
|
Komputasi
di masa mendatang bisa jadi tidak lagi menggunakan elektronika melainkan
memakai optic atau optoelektronik. Dengan demikian, cahaya akan menggantikan
electron. Diharapkan komputasi optic dapat memproses ratusan kali lebih cepat
daripada komputer yang berbasis elektris.
|
Komputasi DNA
(Biochip)
|
Komputasi
ini didasarkan kenyataan bahwa informasi dapat ditulis ke setiap molekul DNA.
Dengan menggunakan biteknologi, DNA sintesis dapat dipakai untuk
mempresentasikan sejumlah symbol untuk menggantikan system biner.
|
Komputasi Kuantum
|
Komputasi
ini idasarkan pada teori mekanika kuantum. Informasi tidak lagi dinyatakan
dengan 0 dan 1, melainkan dinyatakan dengan keadaan-keadaan partikel dasar.
Sebagai contoh, atom-atom hidrogen dapat dibuat untuk membentuk saklar hidup
atau matu seperti transistor pada komputer konvensional dengan memindahkan
keadaan energy rendah (menyatakan nilai mati) ke keadaan energy tinggi
(menyatakan nilai hidup).
|
DAFTAR
PUSTAKA
Ø Sergie
dan Selby – Pengertian dan Fungsi Prosesor
Diposting : Maret 2013
Ø Kompasiana
- Sistem Unit dan Berbagai Komponen Komputer
Diposting : 15:04 29 September 2014
Ø Ginny
Forestiani – Dari Bit ke Informasi
http://ginnyforestiani.blogspot.com/2011/12/dari-bit-ke-informasi.html
Diposting : 22:38 22 Desember 2011
Ø Satuan
Waktu dan Frekuensi
http://bayu-januar-rahayu.blogspot.com/2012/10/satuan-waktu-dan-frekuensi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar